Minggu, 27 Mei 2012

panekuk dangdut

Coucou à tous!

Saya menyadari dan mengakui bahwasannya saya adalah penggemar makanan yang manis-manis. Makanan di sini bukan makan besar yah tapi lebih kepada makanan ringan, kue-kue dan dessert. Nah, as a sweet thoot mungkin rasa penasaran saya tentang kue-kue pencuci mulut bisa dibilang di atas rata-rata sedikit daripada orang-orang yang tidak suka manis. Secara tiap ada menu baru yang terlihat unyu dan menarik saya selalu penasaran untuk mencobanya. 

Tibalah kita pada hari minggu keempat di bulan Mei, tandanya ini hari minggu terakhir sebelum acara lomba tulis menulis ini selesai. Harusnya hari ini ada resep baru lagi yang saya berikan kepada para pembaca setia, tapi saya bingung. Bukan karena saya tidak masak hari ini, saya bahkan menghabiskan separuh hari minggu ini di dapur. Tapi yang saya masak adalah pesanan klappertaart dari pelanggan, nah kalau saya bagi resepnya ya sama saja saya membocorkan rahasia negara. Bahayak.

Apalah daya saya sudah pengen banget membagi resep kepada kalian semua, jadi kita coba resep Panekuk saja yuk. Apa itu Panekuk? Jadi panekuk itu berbeza dengan pancake. Kalo pancake kan gendut-gendut cabi gitu ya kayak pipi aku. Nah kalo panekuk itu tipis-tipis langsing gitu mirip badan aku dadar gulung. Beginilah cara buatnya berdasarkan resep ala ala suka-suka syalalala.

Bahan-bahan:
- 80gr tepung terigu (kira-kira saja saya juga lupa berapa, ga pernah nimbang)
- 2btr telur
- 250ml susu cair
- 1/2sdt garam

Cara membuat:
- pertama yang harus dilakukan adalah mengocok telur di tempat terpisah, sisihkan.
- campur tepung, susu cair, dan garam. aduk sampai rata, lalu masukan telur yang sudah dikocok.
- panaskan wajan, lalu buat dadar tipis-tipis di wajan yang datar.

Sebenarnya sampai di tahap ini panekuk sudah bisa dihidangkan dengan selai coklat atau stroberi atau apapun sesuai selera. Tapi biasanya saya membuat vla untuk isinya.

Bahan vla:
- 250ml susu cair
- 40gr tepung maizena (lagi-lagi ini dikira-kira saja)
- 1 kuning telur
- 60gr gula halus (gula pasir juga boleh)
- 1sdm mentega

Cara membuat:
- masak susu, tepung, gula sambil diaduk terus hingga mendidih. lalu matikan api.
- kocok kuning telur, lalu tambahkan ke adonan, aduk sampai rata dan rebus lagi hingga mendidih.
- masukan mentega sambil terus diaduk.

Oleskan vla di atas kulit panekuk lalu gulung lah. Kira-kira penampakannya seperti ini. Hihihi





makan serundeng di warung haji doyok
neng ikut abang dangdutan yok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar